Minggu, 12 Juni 2011

Pengetahuan Mcrosoft Excel Evi Septiani XI IPA 3

Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah program atau aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dengan menggunakan Rumus-rumus dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing dan inofasi dari Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, atau versi lainya yang telah diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2003, 2007, atau fersi lainya.

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel adalah *.xls.

Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Fungsi dari automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang terpercaya.









istilah-istilah dan fungsi formula excel 2007

excel-2007Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini



Fungsi statistika, logika dan teks microsoft excel 2007

1. FUNGSI TERAPAN Dalam Microsoft Excel SMAS Daar El Falaah Mandalawangi Pandeglang
2. Fungsi Statistika
* Macam-macam Fungsi Statistika yang sering digunakan diantaranya:
* Fungsi AVERAGE
* Fungsi MAX
* Fungsi MIN
* Fungsi COUNT

Fungsi AVERAGE Fungsi MAX Fungsi MIN Fungsi COUNT
3. Fungsi Logika
* Macam-macam Fungsi Logika yang sering digunakan diantaranya:
* Fungsi IF
* Fungsi AND
* Fungsi OR
* Fungsi NOT

Fungsi IF Fungsi AND Fungsi OR Fungsi NOT
4. Fungsi Teks
* Macam-macam Fungsi Teks yang sering digunakan diantaranya:
* Fungsi LEFT
* Fungsi RIGHT
* Fungsi MID
* Fungsi CONCATENATE

Fungsi LEFT Fungsi RIGHT Fungsi MID Fungsi CONCATENATE
5. Fungsi AVERAGE
* DEFINISI
* Fungsi untuk mencari rata-rata pada Microsoft Excel.
* Cara: =AVERAGE(Numb1,Numb2,....)
* Contoh: =AVERAGE(A1:A5)
Fungsi AVERAGE Fungsi MAX Fungsi MIN Fungsi COUNT CONTOH
6. Fungsi MAX
* DEFINISI
* Fungsi untuk mencari Nilai terbesar pada sebuah Array atau lebih.
* Cara: =MAX(Numb1,Numb2,....)
* Contoh: =MAX(A1:A5)
Fungsi AVERAGE Fungsi MAX Fungsi MIN Fungsi COUNT CONTOH
7. Fungsi MIN
* DEFINISI
* Fungsi untuk mencari Nilai terkecil pada sebuah Array atau lebih.
* Cara: =MIN(Numb1,Numb2,....)
* Contoh: =MIN(A1:A5)
Fungsi AVERAGE Fungsi MAX Fungsi MIN Fungsi COUNT CONTOH
8. Fungsi COUNT
* DEFINISI
* Fungsi untuk mencari jumlah data angka yang berada pada sebuah array atau lebih.
* Cara: =COUNT(Numb1,Numb2,....)
* Contoh: =COUNT(A1:A5)
Fungsi AVERAGE Fungsi MAX Fungsi MIN Fungsi COUNT CONTOH
9. Fungsi IF
* DEFINISI
* Fungsi untuk mencari nilai jika suatu kondisi benar atau salah tergantung dari kondisi yang kita tentukan.
* Cara: =IF(Kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
* Contoh: =IF(A1>5,”Lulus”,”Gagal”)
Fungsi IF Fungsi AND Fungsi OR Fungsi NOT CONTOH
10. Fungsi AND
* DEFINISI
* Fungsi untuk menggunakan dua kriteria atau lebih dan menghasilkan nilai benar (True) jika semua kriteria benar dan akan bernilai salah (False) jika salah satu kriteria atau seluruh kriteria salah.
* Cara: =AND(Kriteria1,Kriteria2,...)
* Contoh: =AND(A1>5,A2<=10) Fungsi IF Fungsi AND Fungsi OR Fungsi NOT CONTOH 11. Fungsi OR * DEFINISI * Fungsi untuk menggunakan dua kriteria atau lebih dan menghasilkan nilai benar (True) jika semua atau salah satu kriteria bernilai benar dan akan bernilai salah (False) jika seluruh kriteria salah. * Cara: =OR(Kriteria1,Kriteria2,...) * Contoh: =OR(A1>5,A2<=10) Fungsi IF Fungsi AND Fungsi OR Fungsi NOT CONTOH 12. Fungsi NOT * UNDER CONSTRUCTION Fungsi IF Fungsi AND Fungsi OR Fungsi NOT 13. Fungsi LEFT * DEFINISI * Fungsi untuk mengambil teks pada sebuah sel dimulai dari sebelah kiri sebanyak n huruf. * Cara: =LEFT(Text,n_huruf) * Contoh: =LEFT(A1,3) Fungsi LEFT Fungsi RIGHT Fungsi MID Fungsi CONCATENATE CONTOH 14. Fungsi RIGHT * DEFINISI * Fungsi untuk mengambil teks pada sebuah sel dimulai dari sebelah kanan sebanyak n huruf. * Cara: =RIGHT(Text,n_huruf) * Contoh: =RIGHT (A1,3) Fungsi LEFT Fungsi RIGHT Fungsi MID Fungsi CONCATENATE CONTOH 15. Fungsi MID * DEFINISI * Fungsi untuk mengambil teks pada sebuah sel dimulai dari huruf ke-n sebanyak n huruf. * Cara: =MID(Text,huruf_ke-n,n_huruf) * Contoh: =MID(A1,2,3) Fungsi LEFT Fungsi RIGHT Fungsi MID Fungsi CONCATENATE CONTOH 16. Fungsi CONCATENATE * DEFINISI * Fungsi untuk menggabungkan beberapa teks (angka/teks) menjadi satu teks. * Cara: =CONCATENATE(Teks1,Teks2,....) * Contoh: = CONCATENATE(A1,A2) Fungsi LEFT Fungsi RIGHT Fungsi MID Fungsi CONCATENATE CONTOH Istilah-istilah dalam Excel 1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5 2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris. 3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256) 4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6 5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6 6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7 7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5 8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7 Menulis Rumus 1.Operasi Logika Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut : a. = : sama dengan b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan

2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar